Hadiri Pengukuhan Bunda Literasi, Bupati Berharap Tahun Depan Ada Perpustakaan di Setiap Kecamatan

 




Simalungun, Hariandjakarta

Untuk meningkat kuwalitas sumber daya manusia dan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Simalungun programkan perpustakaan di setiap kecamatan, Bupati Simalugun Radiapoh H sinaga berharap tahun depan sudah ada perpustakaan di setiap kecamatan.

Hal itu disampaika oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat menghadiri pengukuhan bunda literasi Kabupaten Simalungun, di balei Harungguan Djabanten Damanik kantor Bupati Simalungun, Kamis (31/3/22).

Menurut Bupati untuk memacu minat baca masyarakat, para siswa di kecamatan agar instansi terkait untuk memprogram kegiatan perlombaan seperti cerdas cermat baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten, dengan demikian diharapkan sumber daya manusia di Kabupaten Simalungu  semakin meningkat.

Terkait dengan pengukuhan bunda literasi Kabupaten Simalungun, Bupati berharap hal ini dapat menjadi embrio mutu pendidikan di Simalungun menjadi lebih baik.

Sementara itu, bunda literasi Kabupaten Simalungun Ny Ratnawari Radiapoh Hasiholan Sinaga menginginkan tidak hanya dikukuhkan sebagai Bunda Literasi, yang terpenting aksi dan kerja nyatalah yang utama.

Ratnawati mengajak kepada organisasi perangkat daerah untuk mendobrak anak-anak agar rajin belajar. “Jadi kita harus jemput bola, bukan menunggu bolanya,”pungkasnya.

Ratnawati juga sangat mendukung adanya perpustaan di Kecamatan agar menumbuhkan semangat bagi anak-anak untuk meningkat minat belajarnya. “Ini juga untuk mengurangi anak-anak untuk bermain gadget dan bermain game,”tandasnya.

Kedepan, Bunda Literasi Kabupaten Simalungun mengajak Dinas Pendidikan dan Perpustakaan untuk bersama-sama, kerja keras dalam rangka meningkatkan minat belajar dan minat baca bagi anak-anak, sehingga mutu pendidikan di Simalungun dapat meningkat.

Pengukuhan bunda literasi Kabupaten Simalungun tersebut dirangkaikan dengan puncak acara gebyar literasi anak bangsa. Acara itu ditutup dengan pemberian tropy, piagam penghargaan dan tasli asih bagi pemenang acara gebyar literasi anak bangsa.


Penulis, Robin silaban

Komentar