Gunung Anak Krakatau Erupsi

 

Kalianda -Kabarreskrim.com. Gunung Anak Krakatau Erupsi dari 1 April 2022. sampai 25 April 2022 terhitung sudah 15 kali Erupsi. 

 Masyarakat yang berada dipesisir pantai kota Kalianda tentu sangat terkejut dan khawatir, tetapi jangan lupa orang yang mudik harus memperhatikan juga karena letak Gunung Anak Krakatau diselat Sunda dan melalaui penyebrangan Merak Bakauheni Lampung.



 Masih kita ingat letusan Induk gunung Krakatau terjadi pada 20 Mei 1883 begitu dahsyat . Kini Gunung Anak Krakatau selama 1 hingga 24 April 2022 mencatat aktivitas kegempaan sebagai berikut : -21 kali gempa letusan -155 kali gempa Hembusan - 14 Harmonik -121 kali gempa Low Frequency -17 kali gempa Vulkanik Dangkal .

 Gunung Anak Krakatau sejak 1 hingga 25 April 2022 sudah Erupsi sebanyak 7 sampai 15 kali Erupsi.Menurut rilis dari ESDM tinggi kolom abu letusan berwarna putih,kelabu hingga kehitaman mencapai 25-3000 meter dari atas puncak Gunung Anak Krakatau.

 Status Gunung Anak Krakatau dari waspada naik kelevel 3 siaga semoga kita semua dalam Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa. Terkait hal ini masyarakat,pengunjung ,wisatawan,pendaki, tidak boleh mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 km dari kawah aktif sedangkan sebaran abu vulkanik tergantung dari arah dan kecepatan angin dapat menjangkau kawasan yang lebih jauh.

 Warga juga masih dapat melakukan aktifitas sehari- hari dengan arahan BPBD setempat dan Badan Geologi akan terus berkordinasi dengan instansi terkait ,seperti: Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Provinsi Banten Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Lampung Selatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Pandeglang Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG).

 Itulah penjelasan status Gunung Anak Krakatau yang dinaikkan dari waspada( level 1) menjadi siaga ( level 3 ) terhitung sejak tanggal 25 April 2022 pukul 18.00 WIB. Dipastikan Erupsi Gunung Anak Krakatau tidak mengganggu Penyebrangan Merak Bakauheni ,masyarakat dipantai provinsi Banten dan provinsi Lampung diharap tetap tenang semoga kita selalu dalam lindungan Alloh Swt Tuhan Yang Maha Esa aamiin. (Hendra K)

Komentar