Untuk Sosialisasi/Penyusunan Arkas Dan LPJ, Dinas Pendidikan Simalungun Kutip Rp800.000,- per Sekolah




Simalungun,Hariandjakarta

Dinas pendidikan kabupaten simalungun melaksanakan sosialisasi/Penyusunan Arkas dan Lembar Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana Bos tahun 2022 kepada seluruh kepala sekolah SMP Negeri se simalungun.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di aula Hotel Danau Toba cottage Parapat kecamatan Girsang Sirpanganbolon. Kamis (10/3/22)

Kegiatan sosialisasi penyusunan LPJ Dana Bos diduga sudah menjadi program dalam dinas pendidikan yang kemungkinan telah ditampung dalam anggaran sehingga tidak diperkenankan untuk melakukan pengutipan.

Salah satu kepala sekolah yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kegiatan sosialisasi sudah selesai, Ia menjelaskan untuk pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut harus mengeluarkan uang sebesar Rp800 ribu untuk biaya penginapan satu malam.

Berdasarkan iformasi yang didapat,  Pembayaran sewa penginapan satu malam adalah satu set dengan makan ditambah dengan snack sekaligus dengan sewa gedung aula sebagai tempat pelaksanaan kegiatan hanya Rp450 ribu/ kamar.

Lusman siagian selaku Kepala Bidang (Kabid) SMP ketika dikonfirmasi membenarkan para kepala sekolah harus mengeluarkan uang, namun itu hanya untuk mendahulukan saja dan ketika Dana Bos keluar akan dikembalikan,

"Kegiatan  ditampung dari Dana Bos, Berhubung Bana Bos belum cair para kepala sekolah yang mendahulukan, Nanti kalau dana bos sudah cair akan dikembalikan" ucapnya

Dalam keterangan Lusmas siagian yang menjelaskan terlebih dahulu melakukan kegiatan meskipun anggaran belum cair diduga adalah sebagai kebiasaan buruk dan yang sering dilakukan untuk mencari keuntungan pribadi.

Sementara Zacson W Silalahi sebagai Kepala Dinas ( Kadis) Pendidikan ketika mau dimintai penjelasan  melalui telpon selular mengatakan sedang sibuk, namun dalam waktu yang berbeda Hariandjakarta melakukan konfirmasi melalui pesan Wattsap namun tidak mendapat jawaba sehingga terkesan tidak bersedia memberikan tanggapan.

Penulis, Robin silaban

Komentar