Kapolres Bartim Ingatkan Pengguna Jalan Untuk Selalu Taat Lalu Lintas

 




  Barito Timur –  

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Barito Timur, jajaran Polda Kalteng, AKBP Afandi Eka Putra, S.H., S.I.K., M.Pict., ingatkan pengendara untuk taat berlalulintas seperti jangan menggunakan knalpot brong, gunakan helm SNI, patuh terhadap rambu lalu lintas, lengkapi surat-menyurat serta kelengkapan kendaraan lainnya dan jangan membawa muatan berlebih, hal ini disampaikan beliau saat ditemui diruang kerjanya pada Jum'at (4/02/22) Pukul 09.00 WIB.

Orang nomor satu di Polres Barito Timur ini menjelaskan bahwa awal dari kecelakaan lalulintas adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri seperti tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, mengabaikan rambu peringatan, larangan maupun petunjuk, membawa barang berlebih bukan tidak mungkin keseimbangan berkendara akan berkurang, konsentrasi pun turut tidak terfokus dengan baik dan dapat menyebabkan blind spot. Jika terjadi hal-hal seperti itu maka kecelakaan pun tidak dapat terhindarkan, bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga keselamatan orang di sekitarnya.

Kapolres juga menjelaskan "Dalam undang-undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan sudah diatur secara jelas dan terperinci tentang pelanggaran lalulintas, setiap pelanggaran dapat dikenakan pidana kurungan dan denda", ujarnya.

"Kami berharap masyarakat Kab. Barito Timur lebih taat dan patuh terhadap aturan lalulintas, sehingga kenyamanan, keamanan dan keselamatan berlalulintas dapat terwujud di Gumi Jari Janang Kalalawah", pungkas beliau. (Gun/Sam).

Komentar