Dampak Aktivitas Pertambangan Emas Tanpa izin (PETI). Sungai Sepauk jadi Tercemar.

 





Titik Pertambangan Emas Tanpa izin (PETI),yang lagi marak saat ini.Hasil dari penelusuran Awak Media Harian Djakarta Selasa (08/02/2022).Yakni di Dusun Candi,Desa Sirang Setambang,Kecamatan Sepauk Sintang.

Salah satu lokasi tambang Emas yang di kelola oleh pemilik tanah berinisial IN,yang bersentuhan langsung dengan Sungai Sepauk,Andil di dalam perusakan Kawasan Aliran Sungai Sepauk,yang mengakibatkan Air Sungai Sepauk berlumpur dan tercemar.

Lemah nya pengawasan oleh Pemerintahan Desa dalam hal kesadaran melestarikan Lingkungan Hidup Dan penindakan oleh APH membuat para penambang  leluasa melakukan aktivitas tambang emas yang tidak ramah lingkungan,Demi kepentingan pribadi Tanpa memperhatikan dampak sosial di masyarakat.!

"Sementara masyarakat sangat membutuhkan sumber air bersih untuk keperluan sehari-hari,seperti keperluan untuk mandi,cuci,dan lain-lain nya.Ungkap salah satu warga yang minta nama nya tidak di sebut kan."

"Sudah cukup lama Sungai Sepauk yang dulu nya Air nya bisa kami manfaatkan untuk keperluan sehari-hari,akan tetapi di saat ini yang ada sungai tersebut berlumpur dan berwarna putih,seperti Air Susu,jangan kan untuk Mandi,cuci muka saja kita pada tidak berani,"Ungkap nya lebih lanjut.

"Kita berharap sangat kepada pemangku kebijakan,terutama pihak  
Aparat Penegak Hukum,di wilayah Hukum nya.untuk menindak para pelaku Pertambangan Emas Tanpa izin tersebut,jangan memberi ruang dan lemah nya penindakan."Pinta nya.

Demikian siaran berita ini yg di konfirmasikan ke awak media harian djakarta(tim red)

Komentar