8 Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Usul Hak Interpelasi, Histony Sijabat: Siap Memberikan Penjelasan Pandangan

 




Simalungun,Hariandjakarta

8 Fraksi DPRD kabupaten Simalungun melalui fraksi masing masing sampaikan usul hak Interpelasi terkait kebijakan kebijakan yang dulakukan oleh Radiapoh Hasigolan sinaga selaku Bupati di kabupaten Simalungun. Kamis (10/2/22)

Dalam kegiatan penyampaian hak interpelasi yang dilakukan oleh ke 17 anggota DPRD dipimpin wakil ketua Elias Barus dan Samrin Girsang dihadiri oleh 30 anggota DPRD sehingga dinyatakan porum.

Secara masing masing fraksi membacakan, Fraksi Golkar dibacakan oleh Binton Tindaon, Fraksi PDIP dibacakan oleh Arifin Panjaitan, Fraksi Demokrat dibacakan oleh Walpiden Tampubolon, Fraksi Gerindra dibacakan oleh Juara siagian, Fraksi Nasdem dibacakan oleh Berhnad Damanik, Fraksi Hanura dibacakan oleh Suriawan, Fraksi Perindo dibacakan oleh Sariadi Graksi PAN dibacakan oleh Salben Damanik.

Fraksi Golkar mengatakan bahwa hal tersebut tidak lagi repan untuk dibahas karena dengan sendirinya SK tenaga ahli sudah berakhir dan tenaga ahli yang diangkat tidak menggunakan APBD simalungun tahun 2021.

Selanjutnya, Tenaga ahli juga tidak membebani atau mempergunakan APBD tahun 2022. Kemudian soal pengangkatan pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemkab simalungun juga dianggap kewenangan dan hak prerogatif Bupati simalungun dan hingga saat ini Pemkab simalungun belum mendapatkan teguran dari pemerintahan atasan terkait pelantikan pejabat pratama dan fraksi Golkar menganggap hal tersebut sesuai dengan ketentuan.

Dalam hal penyampaian pandangan yang dibacakan oleh juru bicara masing masing fraksi, fraksi Nasdem, Perindo, Hanura, Persatuan Amanat Pembangunan berpendapat interpelasi tidak perlu dilanjutkan.

Dari fraksi Demokrat yang terdiri dari 7 anggota DPRD terdapat hanya 4 orang yang menyetujui agar interpelasi tetap dilanjutkan.

Sementara itu, Anggota DPRD dari fraksi PDI Perjuangan dan Gerindra sepakat agar hak interpelasi tetap dilanjutkan.

Kedua fraksi ini mengatakan ada 4 poin yang diajukan agar Bupati Radiapoh hasiholan sinaga meberikan keterangan dianggao sudah tepat dan perlu dillanjutkan.

Dari pihak pengaju hak interpelasi, Histony Sijabat dari fraksi Demokrat menegaskan, Pihaknya siap memberikan jawaban atas pandangan anggota DPRD simalungun melalui fraksi fraksi.

Penulis, Robinsar silaban

Komentar