Penjelasan OPD Sempat Membingungkan Anggota Banggar DPRD

 



Simalungun, Hariandjakarta

Melanjuti rapat Badan Anggaran ( Banggar) DPRD bersama Operasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pembahasan Evaluasi Gubernur pada APBD tahun 2022 pada pemerintahan kabupaten Simalungun yang akan diajukan kepada Gubernur Sumatera Utara, Badan Anggaran Meminta kepada OPD menjelaskan pergeseran pergeseran anggaran yang terjadi. Selasa (18/1/22)

Dari antar OPD yang mengalami pergeseraan anggaran, kepala dinas Ketahanan Pangan ( Hampang ) Robet yang ketika itu disebut oleh Sastra sirait adalah Kadis barang infort tidak dapat hadir sehingga diperwakilkan oleh Sunggul Siregar selaku Kepala Bidang (Kabid).

Sunggul Siregar melaporkan kepada anggota Banggar tidak ada pertambahan anggaran pada OPD nya. namun ketika dibacakanya rincian pergeseran anggaran, Sunggul malah mengatakan ada pertambahan sekitar 3 Miliyar yang awalnya 11 Miliyar menjadi 14 Miliyar, Laporan yang dibacakan Sunggul menimbulkan rasa bingung kepada anggota banggar dan membuat anggota Banggar Berhnad Damanik mempertanyakan penambahan tersebut.

Menjawab pertanyaan Berhnad Damanik, Sunggul menjelaskan bahwa angka 11Miliyar yang dibacakan tersebut adalah dari scan pada hasil rapat di komisi II, tetapi setelah pengesahan APBD ditambah 3 Miliyar sehingga menjadi 14 Miliyar dan setelah itu tidak ada penambahan.

Terlihat belum jelas oleh penjelasan yang disampaikan oleh Sunggul siregar, Sastro sirait meminta Frans saragih selaku Kepala Bagian Pendapatan sekaligus Plt Kaban Keuangan untuk membantu memberikan penjelasan yang kemudian dapat dipahami oleh pihak anggota Banggar.

Diwaktu terpisah, Sastra dan Berhnad mengatakan hal yang sama, sangat menyayangkan OPD yang datang dalam rapat namun tidak menguasai materi.

" Kita berharap kepada OPD ketika rapat harus by data, bisa mempertanggung jawabkan dan bukan asal ngomong saja, dan hal seperti ini tidak akan terjadi lagi untuk kedepan hari,"

Sastro dan Bernad juga berharap kepada Bupati Simalungun agar pelaksanaan APBD tahun 2022 berjalan sesuai dengan peraturan dan yang telah disepakati bersama oleh Eksekutif dan Legislatif

Penulis, Robinsar silaban

Komentar