Dukung Program Prioritas Kapolda Kalteng, Polres Bartim Gelar Apel Personel dan Sarpras

 






 Polres Barito Timur –

 Dalam rangka mendukung Program Prioritas Kapolda Kalimantan Tengah, Polres Barito Timur, jajaran Polda Kalteng, melaksanakan apel gelar personel, sarana dan prasarana penanganan karhutla, banjir, food estate, kejahatan lingkungan hidup dan Covid-19, pada Selasa (18/01/22) pukul 08.00 WIB di halaman Mapolres setempat.

Apel gelar personel, sarana dan prasarana ini diikuti oleh personel TNI/Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab. Barito Timur Prop. Kalteng, turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Barito Timur, Pabung 1012 BTK, Kajari Bartim, Ketua PN Bartim dan Kepala Satpol-PP Bartim.

Melalui amanatnya, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si., yang dibacakan oleh Kapolres Bartim AKBP Afandy Eka Putra, S.H., S.I.K., M.Pict., mengatakan sampai dengan awal tahun 2022  pademi Covid-19 diseluruh dunia belum berakhir, termasuk yang byerjadindi Indonesia, saat varian Delta mereda sekarang ada varian Omicron yang penularannya lebih cepat, hal ini perlu disikapi dengan serius oleh stakeholder terkait sehingga tidak sampai masuk ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Kemudian Kapolda Kalteng juga menambahkan saat musim kemarau tiba kebakaran hutan dan lahan sudah menjadi agenda tahunan, edukasi kepada masyarakat secara berkelanjutan merupakan metode yang paling efektif, sehingga masyarakat saat membuka lahan tidak dengan cara dibakar, dan pada saat musim penghujan bencana banjir merupakan potensi bencana yang sering melanda Prov. Kalteng, kecepatan evakuasi warga terutama anak-anak, lansia dan masyarakat rentan lainnya merupakan prioritas utama, sehingga dengan kehadiran aparat masyarakat merasa aman.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Kalteng juga menambahkan Prov. Kalteng juga ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai salah satu wilayah Food Estate, sehingga perlu kita dukung guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang terlibat langsung sehingga perekonomian meningkat, beliau juga menambahkan pemberantasan kejahatan lingkungan hidup juga tidak kalah penting, dikarenakan Prov. Kalteng mempunyai sumber daya alam yang melimpah, peran serta pemerintah daerah sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat tidak mengambil sumber daya alam secara ilegal, proses penegakan hukum merupakan jalan terakhir bagi para pelaku kejahatan lingkungan hidup.

Diakhir amanatnya Kapolda Kalteng menyampaikan bahwa situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Prov. Kalteng harus tetap kita pertahankan melalui peran serta stake holder, soliditas antar instansi dan masyarakat merupakan kunci utama dalam menjaga kerukunan antar warga di Kalimantan Tengah. (Gun/Sam).

Komentar