PROGRAM PKM POLITEKNIK NEGERI MEDAN BANTU RENOVASI RUMAH QURAN DARUL QURO PEMATANGSIANTAR

 



Harian djakarta-Pematang Siantar 


Politeknik Negeri Medan melalui program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) membantu perbaikan Rumah Quran Darul Quro di Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar.
Sebelumnya, bangunan Rumah Quran Darul Quro kondisinya sudah banyak mengalami kerusakan, hal ini dapat terlihat dari beberapa bagian dinding/sekat berbahan tripleks sudah “jebol” mengakibatkan suara dari kelas yang satu tembus ke kelas lainnya. Selain itu lantai ruang belajar yang terbuat dari acian semen kondisinya sudah banyak yang berlubang sehingga mengkibatkan ruangan mudah berdebu. Hal tersebut membuat suasana kelas menjadi tidak nyaman dan tidak sehat sehingga para santri tidak dapat belajar dengan baik.
Pada Saat mengadakan survey lokasi Ketua tim PKM, Muhammad Mabrur, S.T., M.T., didampingi anggota tim PKM, Efri Debby Ekinola Ritonga, S.T., M.T., Drs. Syarifuddin, H. M.T., Wirdatun Nafiah Putri S.T., M.T., dan Marsedes Purba BSc. Ci.Eng., MSc, menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi bangunan Rumah Quran Darul Quro yang telah banyak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, tim memutuskan untuk melakukan PKM lokasi tersebut.
Pekerjaan renovasi dilaksanakan selama lebih kurang 18 hari meliputi pemasangan dinding bata sebagai penganti dinding tripleks yang telah jebol, dan pemasangan keramik pada lantai sehingga ruang kelas belajar menjadi lebih indah dan nyaman.
Selain memberikan bantuan berupa renovasi bangunan, Tim PKM Politeknik Negeri Medan Juga memberikan bantuan beberapa fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar berupa kursi, meja dan lemari tempat penyimpanan Al Quran. Tim berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan serta dirawat sebaik mungkin sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
Pengurus Rumah Quran Darul Quro Ustadz Abdillah Muhammad Lubis mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih sebesar besarnya kepada Politeknik Negeri Medan karena berkat adanya kegiatan PKM ini kegiatan belajar mengajar di Rumah Quran Darul Quro insya Alah akan berjalan lebih maksimal.
 “Alhamdulillah, terimakasih kepada Politeknik Negeri Medan atas bantuan dan partisipasinya dalam membantu kami dalam merenovasi Bangunan Rumah Quran Darul Quro serta memberikan beberapa Fasilitas Penunjang kegiatan belajar mengajar, semoga bantuan seperti ini dapat dilanjutkan di tahun tahun mendatang dalam bentuk bantuan lainnya,” tutupnya. (Sy)

Komentar